PMR Madya Latihan Bersama

Ratusan anggota Palang Merah Remaja (PMR) Madya dari 7 SMP di Blora, melaksanakan latihan bersama (Latber) kegiatan Kepalangmerahan yang dilaksanakan di SMPN 1 Jepon, Minggu (16/10). Latihan bersama dibuka langsung oleh Sekretaris PMI Blora Kuswanto mewakili Ketua PMI Blora Umi Kulsum Djoko Nugroho.  Menurut Kuswanto latber bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anggota PMR di masing-masing sekolah dan menjalin silaturahmi antar anggota PMR Madya. “Dengan ini maka mereka  akan berbagi pengetahuan dan ketrampilan dalam hal kepalangmerahan sehingga terbina rasa persaudaraan dan keakraban diantara mereka,” ujar Kuswanto.

Dia  berharap agar melalui kegiatan tersebut bisa di  implementasi apa yang ada dalam 7 prinsip dasar gerakan palang merah. Serta yang lebih penting adalah mereka memiliki kemampuan dan kecakapan yang baik dalam hal pertolongan pertama dan kepalangmerahan lainnya. Dengan demikian nantinya mereka menjadi relawan yang selalu siap jika dibutuhkan dalam susasan apapun. “Yang lebih utama adalah memantapkan dan menyamakan materi kepalangmerahan, melatih kemandirian dan keberanian bagi seluruh anggota PMR, sehingga terbentuk karakter disiplin, bertanggung jawab serta kemanusiaan,” tandasnya.

Pembina PMR  Indra mengatakan bahwa setelah latihan bersama nantinya akan di agendakan untul latihan gabungan dengan semua PMR yang ada di sekolah lainnya. Untuk latihan bersama diikuti dari PMR Madya SMPN 1 Blora, SMPN 2 Blora, SMPN 6 Blora, SMPN 1 Jepon, SMPN 1 Bogorejo, SMPN 1 Jiken dan SMP Plus Insan Gemilang. “Seluruh materi latihan adalah seputar kepalangmerahan, utamanya pertolongan pertama,” jelas Indra.

Direncanakan pada beberapa waktu ke depan akan dilaksanakan latihan bersama kembali untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama.

M. Yusuf, S.Pd

Leave a Reply

*

captcha *